ramai-ramai CSR

CSR (corporate social responsibilies) itu yang sedang ramai di gaungkan oleh perusahaan papan atas negeri ini. sebenarnya apa sih CSR itu? CSR adalah bentuk tanggungjawab perusahaan terhadap masyarakat sekitar lokasi perusahaan. biasanya CSR dilakukan dalam bentuk, pembuatan sumur untuk air bersih, penanaman bibit pohon atau penghijauan dan lain-lain.

beberapa perusahaan yang sudah terlihat melakukan CSR adalah, AQUA (perusahaan air minum), Coca Cola (perusahaan minuman ringan), PT. Djarum (perusahaan rokok), kalau AQUA merealisasikan CSR dengan membangun instalasi air bersih di NTT (nusa tenggara timur) atau coca cola dengan membangun tong sampah ramah lingkungan di daerah manggarai. sedangkan PT. Djarum memberikan beasiswa kepada siswa yang berprestasi, juga membentuk sekolah khusus bulutangkis.

dahulu CSR dianggap cost atau biaya oleh perusahaan. karena dalam CSR, perusahaan harus membagi sedikit laba perusahaan untuk masyarakat sekitar perusahaan sebagai bakti perusahaan untuk masyarakat. lalu mengapa CSR sekarang dapat di anggap mengungutungkan perusahaan? karena dengan CSR perusahaan secara tidak langsung telah melakukan promosi. promosi via CSR jauh lebih efektif di bandingkan dengan promosi menggunakan media billboard atau media iklan di televisi. point plus dalam promosi menggunakan CSR masyarakat juga dilibatkan dalam proses CSR dan masyarakat juga merasakan efek atau dampak positif CSR.

misalnya AQUA membuat sarana air bersih untuk masyarakat NTT, masyarakat akan berterima kasih dan sangat menjaga sarana tersebut. karena mereka sangat membutuhkannya. tanpa harus mengeluarkan biaya lebih besar lagi, masyarakat NTT akan tetap mengkonsumsi AQUA untuk kesehariannya. begitu juga dengan coca cola, sekarang di beberapa halte busway ada iklan coca cola dengan tema ‘bersih jakarta ku” yang tujuannya mengajak orang untuk membuang sampah pada tempat nya.. ya seperti gw yang membuang semua uneg2 di my toilet ini..😛
promosi seperti itu jelas lebih efektif daripada harus memberikan sponsor kepada team sepakbola atau sponsor sebuah even.

ternyata tidak semua hal yang dianggap cost, merugikan. bukti nya dengan CSR, perusahaan jauh dikenal oleh masyarakat. jangan tanya soal revenue yang di raih oleh perusahaan yang menerapkan CSR, sudah pasti meningkat tinggi..

semoga bermanfaat:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: