otot vs massa

berita hangat tentang korupsi dan markus sedikit terlupakan. perhatian masyarakat jakarta khusus nya tertuju kepada eksekusi penggusuran tanah sengketa di daerah Koja, Tanjung Priok Jakarta Utara. tak ada yang menyangka bahwa eksekusi penggusuran tanah sengketa berakhir dengan tragis. banyak korban yang jatuh dari kedua belah pihak, bahkan ada korban jiwa.

apakah ini sebuah pengalihan berita markus di dept pajak dan polri? gw tidak akan membahas berita tentang markus dan kerusuhan tanjung priok, tapi gw akan membahas soal penyelesaian masalah menggunakan otot dan massa. penyelesaian masalah menggunakan otot dan massa bukan hal baru di negeri ini.

mungkin orang tidak akan pernah lupa akan kerusuhan Mei 1998 di Jakarta. puluhan atau mungkin ratusan jiwa melayang sia-sia, toko-toko di jarah dan dibakar. dua tahun sebelumnya, kerusuhan dua puluh tujuh juli 1996 atau yang di kenal dengan nama tragedi kudatuli juga merengut korban jiwa. dan kini di tahun 2010 kembali terjadi tragedi kemanusiaan berdarah, tragedi priok membara.

mengapa harus menggunakan otot dan massa dalam menyelesaikan masalah? apakah tidak ada jalan lain selain menggunakan dua hal tadi? harus nya ada solusi lain selain menggunakan kekerasan. ingat ini udah tahun 2010, menggunakan kekerasan dalam menyelesaikan masalah bukan zamannya lagi. gunakan solusi win-win solution, sama2 menang. yaitu dengan cara komunikasi, saling mendengarkan, saling pengertian. teori emang mudah di ucapkan, tapi untuk menerapkannya di butuhkan kesabaran dan keikhlasan.

jika menggunakan kekerasan, tidak ada yang untung. keduabelah pihak akan tetap rugi. kalau gak percaya coba lihat berita hari ini tentang kerusuhan di Koja, Tanjung Priok. berapa banyak kendaraan operational satpol PP dan kepolisian yang terbakar dan tidak dapat di gunakan lagi. berapa banyak anggota satpol PP dan warga yang masuk rumah sakit akibat terluka. berapa banyak keluarga yang harus di tinggalkan kepala keluarga nya yang meninggal dunia akibat kerusuhan kemarin?

negosiasi dahulu, utamakan win-win solution dalam setiap memecahkan permasalahan. jangan gunakan otot dan massa dalam menyelesaikan masalah.

semoga bermanfaat:mrgreen:

2 Tanggapan to “otot vs massa”

  1. Selamat siang, posting yang menarik, salut untuk anda.
    Silahkan kunjungi Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, baca posting baru berjudul : “Proses kerja usaha cuci sepeda motor?”, serta artikel lain yang bermanfaat, dan kalau berkenan tolong dikasi komentar.
    Terima kasih.

  2. wah, pak Haris terima kasih untuk blog walking dan review nya..:mrgreen:

    jadi malu di bilang postingannya menarik..

    saya tertarik buat bisnis, tapi buat bisnis cuci motor ada kendala. yaitu bagaimana penggajian karyawan?

    saya akan comment di blog bapak..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: