sikap optimis..

“Nasib terbaik adalah tidak dilahirkan, yang kedua dilahirkan tapi mati muda, dan yang tersial adalah umur tua. Rasa-rasanya memang begitu. Bahagialah mereka yang mati muda.” ini adalah ungkapan seorang soe hok gie tentang menghadapi hidup.

soe hok gie telah terlahir ke dunia, dia tak dapat memilih nasib pertama nya. tapi dia memilih nasib ke dua nya, yaitu mati muda. hidup memang sebuah pilihan, semua kembali kepada diri masing-masing.

apakah menjadi bagian dari kekuasaan, populer namun mematikan nurani atau beroposisi dengan kekuasaaan, tidak populer dan bersama nurani. soe hok gie memilih yang kedua, kritik terhadap kekuasaan, tidak populer dan bersama nurani. sebuah sikap yang sangat langka untuk di temukan dalam mental tiap manusia di negeri hari ini.

hidup itu susah, semua juga merasakannya. hidup adalah berjuang, memang begitu ada nya. tapi jika mengikuti slogan soe hok gie tentang mati muda lebih baik, itu adalah sebuah kesalahan besar. tiap bayi yang lahir, tidak mungkin tidak ada rezeki nya. termasuk juga tidak mungkin masa depannya akan suram.

sedikit melihat ke proses penciptaan manusia, ketika sel sperma bertemu dengan ovum. ada jutaan sel sperma yang berusaha untuk membuahi ovum atau sel telur. namun hanya satu sel yang dapat membuahi sel telur. akhirnya setelah 9 bulan dalam kandungan, jadi lah seorang bayi.

jika dilihat, probabilitas kesuksesan sel sperma untuk membuahi sel telur adalah 1 : 1.000.000. kalau dilihat dari logika, sebuah proses yang sangat tidak masuk akal. tapi kenyataannya begitu prosesnya dan hasilnya dapat anda lihat sekarang. berapa banyak bayi yang lahir setiap harinya?

sikap optimis yang harus ada dalam dada, jangan biarkan pikiran kerdil memangkas semua optimis yang ada. harapan akan selalu ada kawan, harapan akan bersama mereka yang terus berusaha.

AFTA sudah mulai membanjiri negeri ini, pasar domestik memang akan kalah dalam persaingan. tapi ingat kawan, perang belum usai. masalahlah yang selalu membuat manusia menjadi kreatif. hadapi dan terus optimis dalam menghadapi gencaran serangan AFTA.

semoga bermanfaat..:mrgreen:

4 Tanggapan to “sikap optimis..”

  1. Setuju Om…

    Semoga industri dalam negeri bisa survive (atau bahkan menjadi lebih baik) menghadapi AFTA plus China.

    Salam,
    Akmal

    • sebenarnya pasar domestik cukup kuat kok. terutama untuk level usaha kecil menengah.
      hal ini terbukti saat krisis moneter menerpa amerika. bisnis export semua kena imbas krisis. tapi untuk bisnis domestic aman2 aja..:mrgreen:

  2. gak sepokat yach dengan pernyataan soe hoek gie? btw, tulisannya benar-benar menohok?

  3. pertama, thanks buat blog walking nya..🙂
    gw gak setuju dengan pernyataan soe hok gie, hidup adalah anugerah menurut the masiv band. tapi buat gw hidup adalah perjuangan..🙂
    bagian manakah, tulisan gw yagn menohok? semua ini cuma sampah aja kok, yang di buang di my toilet..😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: