2010 tahunnya AFTA

apakah pasar domestik sudah siap menghadapi AFTA (ASEAN Free Trade Area) yang di mulai pada 1 Januari 2010. apakah AFTA itu? AFTA berarti kawasan perdagangan bebas ASEAN. atau dengan bahasa yang sederhana, negara anggota ASEAN dapat melakukan perdagangan di negara anggota ASEAN lainnya tanpa di kenakan pajak atau bebas menjual barang-barang apa saja.

dengan kata lain, di tahun 2010 ini, jangan heran jika anda jalan-jalan dan di emperan jalan, ada pecel lele yang di jual oleh orang Malaysia atau orang Brunei. walau gak separah itu, tapi kira-kira begitu nanti nya. pertanyaan muncul, apakah pasar domestik akan siap menghadapi tantangan AFTA ini?

sebenarnya peran pemerintah sangat di butuhkan dalam mempersiapkan AFTA 2010 ini. maksudnya adalah masyarakat kelas bawah di sosialisasikan bahwa akan ada kawasan perdaganan bebas ASEAN dan mereka harus dapat mempersiapkan persaingan yang semakin ketat. termasuk juga bantuan pijaman modal kepada masyarakat kelas bawah, untuk memotivasi mereka menjadi wirausaha (entrepreneur).

jika mereka (masyarakat kelas bawah) tidak siap menghadapai AFTA bukan tidak mungkin, angka kemiskinan & pengangguran akan semakin tinggi. dampak nya kriminalitas juga akan meningkat.

namun seperti nya pemerintah seakan ‘lupa’ bahwa AFTA telah di depan mata. pemerintah masih senang di sibukkan oleh kasus Bank Century, non-aktif atau tidak nya Wapres Boediono, atau kado tahun baru nya para menteri, sebuah mobil mewah. sudah bukan zamannya lagi korupsi, hidup bermewah-mewahan. sekarang adalah saatnya era kawasan perdagangan bebas ASEAN.

para menteri di kabinet Indonesia Bersatu jilid II di harapkan untuk dapat lebih kreatif dalam menyelesaikan permasalahan bangsa ini. termasuk menyelamatkan para rakyat ekonomi lemah dari badai AFTA 2010 yang telah menunggu di ruang tamu rumah kita. bukan malah sebaliknya, terlelap dengan fasilitas dan gaji yang tinggi.

untuk menteri pertanian ciptakan padi varietas unggul. untuk menteri kehutanan, hasil hutan bukan cuma kayu saja, tapi masih ada rotan, karet dll, gunakan hasil tersebut untuk masyarakat ekonomi lemah. yang terpenting adalah ciptakan lapangan kerja seluas-luas nya.

2 Tanggapan to “2010 tahunnya AFTA”

  1. yup setuju sekali… bagaimana nasib rakyat kalau bukan pemerintah yg memikirkannya…

  2. itulah yang terjadi saat ini di negeri yang kaya raya ini.
    rakyat nya kaya hanya kala pemilihan raya aja..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: