safety info: sudah aman kah tempat kerja anda?

jika melihat judul di atas, maka anda akan menjawab dengan banyak jawaban. bisa, pasti aman karena udah bertahun-tahun di gunakan. tapi sadarkan anda, jika kecelakaan kerja dapat terjadi juga di area kerja anda. walau pun anda sebagai penghuni nya merasa aman.

masih ingat berita tentang runtuhnya bangunan di Tanah Abang, Jakarta Pusat, 5 orang pekerja nya tewas. atau masih ingat berita tentang terbakarnya diskotik / klub malam di Medan, Sumatera Utara. semua kecelakaan tersebut banyak memakan korban jiwa, semua karena kurang peduli nya masing-masing orang terhadap resiko yang dapat di timbulkan di area kerja nya.

jangan terburu-buru mengatakan, “ah, itukan takdir Tuhan. kalau udah ajal ya pasti akan tiba juga..” ingat kawan, kecelakaan sebenarnya dapat di hindari. orang bijak juga berkata, “sumber masalah adalah diri kita sendiri..”.

mengapa kecelakaan dapat di hindari dan apa bukti nya?
untuk menjawabnya akan lebih mudah, jika dibahas menggunakan sebuah contoh. ketika anda mengendarai motor, mengapa anda menggunakan helm standard? jika jawabnya adalah takut razia polisi? sebaiknya rubah persepsi / mindset anda tentang memakai helm karena polisi. jika anda mengendarai motor tanpa helm, kecelakaan akan menanti anda di setiap jengkal jalanan. anda bisa terjatuh, kepala anda bisa terluka atau bahkan bisa juga anda meninggal akibat kepala anda terluka.

begitu juga dengan area kerja atau kantor anda. apakah anda sudah mengetahui prosedur ketika keadaan darurat terjadi? berapa banyak alat pemadam yang tersedia di area kerja anda? dimana pintu darurat dan tempat berkumpul ketika kebakaran atau keadaan darurat terjadi?
atau jika anda bekerja di area konstruksi dan di tempat ketinggian, apakah anda sudah menggunakan alat pelindung diri yang tepat? termasuk menggunakan body harness.

lakukan analisa terhadap resiko kecelakaan yang mungkin bisa terjadi di area kerja anda. komunikasikan dengan management tempat anda bekerja, sosialisasikan kepada semua karyawan prosedur antisipasi kecelakaan kerja. dengan melakukan hal itu anda telah membantu mengurangi resiko kecelakaan.

semoga bermanfaat:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: