knalpot nya copot..

anda pernah naek vespa? kalo jawabannya belom pernah naek vespa. anda sungguh sangat rugi..:mrgreen:

kenapa gw bisa bilang begitu? vespa adalah sebuah kendaraan yang tidak lekang oleh waktu. mau bukti? anda dapat perhatikan di jalan raya, berapa banyak kendaraan roda dua kelahiran tahun 1960 yang masih bertahan? mungkin honda 70, tapi apakah itu kelahiran 1960? CB 100 juga apakah masih exist di jalan raya?

di tahun 95 sampai dengan 2000, gw mengenal motor suzuki shogun 110. di zaman nya motor itu jenis bebek yang keren, tapi dimana mereka sekarang? apakah masih laku untuk di jual? silahkan tanya ke dealer motor dan mobil bekas..:mrgreen:

vespa memang masih exist, tapi sebagai kendaraan tua. vespa juga butuh perhatian lebih dari sang empunya. selain memeriksa busi dan karburator, ada baiknya sang empunya juga memeriksa fisik tunggangannya tersebut.

termasuk pemeriksaan rem, oli mesin, tekanan angin ban, shock braker, standar vespa, piston mesin, bahkan knalpot sekalipun. karena kalau luput dari pemeriksaan hal tersebut akan merepotkan jika ada masalah di jalan.

kalau vespa anda mogok di jalan, anda akan segera memeriksa kondisi bensin nya, apakah masih tersedia atau habis. jika ternyata bensin masih ada, coba cek apakah oli campur nya cukup. karena kalau kurang oli campur, mesin akan panas dan mesin akan sering mati over heat bahasa kerennya. terlalu banyak oli campur juga akan menyebabkan mesin sulit di nyalakan. karena perapiannya atau kepala busi basah, jadi mesin sulit di nyalakan.

kalau bensin dan oli tidak ada masalah, coba buka kap mesin dan cek apakah busi masih bagus atau sudah mati? pengalaman gw, biasanya busi mati karena oli terlalu banyak. ciri nya kepala oli hitam legam dan berminyak. untuk memperbaikinya, keringkan kepala busi dengan kain dan amplas kepala busi yang sudah di keringkan. gunakan amplas besi, atau amplas kertas bukan amplas tembok, bukan amplas kain.

kalau ternyata busi vespa anda dalam kondisi putih pucat dan kelihatan sangat kering atau bahkan pecah. itu artinya oli campur anda kurang, sehingga mesin menjadi panas / over heat. cara perbaikannya, tambahkan oli campur pada vespa anda dan ganti busi anda dengan busi baru. atau anda bisa pecahkan kepala busi anda. tapi jangan lupa tetap menambahkan oli campur vespa anda.

lain hal nya, bagaimana jika ternyata bukan mesin anda yang ngadat. tetapi knalpot anda yang ternyata copot?😆 gw merasakan hal itu, memang bukan yang pertama kali. tapi kejadian kemarin lumayan bikin gw tengsin.

sore itu gw berniat untuk jalan-jalan sore. visual inspeksi, menyatakan vespa gw dalam kondisi sehat dan layak jalan. suara mesin juga tidak terlalu aneh. tapi ketika kedua roda vespa gw bergerak, gw merasa ada yang aneh dengan vespa gw. terutama di saluran pembuangannya, yup knalpot. ketika gw menggunakannya, tapi gw cuekin aja. (ini adalah kesalahan utama, jangan pernah membiarkan kerusakan kecil pada vespa anda)👿

sampai di tujuan, tidak ada masalah. ketika pulang, malam mulai larut, lampu jalanan temaram malu-malu menyinari jalan raya. ban vespa gw menghantam beberapa lobang, karena jalannya juga jelek dan bopeng-bopeng.

suara aneh semakin jelas terdengar. tak-tak-tak-tak.. tapi masih bisa di kontrol. ternyata musibah itu datang juga. ketika jalan menurun dan gw tidak memperhatikan, ban vespa gw kembali mencium lobang.👿

gubrak.. tek-tek-tek-tek.. suara knalpot gw tambah nyaring dan memekakkan telinga. gw hentikan pergerakan roda ban vespa gw, kemudian segera bertepi. gw mencoba tuk memasang pipa knalpot yang lepas kembali ke mesin. ternyata usaha gw sia-sia. selain gelapnya jalanan, juga gw nggak bawa alat-alat lengkap.

terpaksa gw tetap jalan, dengan kondisi knalpot yang lepas. suara bising udah pasti memaksa orang di sekitar jalan dan pengguna jalan menatap bengong ke arah vespa gw. untungnya malam belum larut, masih jam 8. jadi masyarakat gak terlalu terganggu. ketika lewat lampu merah, kondisi jalan rada macet. vespa terpaksa gw dorong, biar nggak terlalu ganggu orang sekitar.

lampu merah teratasi, kembali gw nyalakan mesin vespa tercinta. untuk menghindari kemacetan lalin, gw lewat jalan pintas. satu hal yang terlupakan oleh gw, jalan pintas yang gw lalui ternyata memiliki banyak polisi tidur. hal yang membuat gw tengsin dimulai.

dalam kondisi knalpot copot seperti ini, gw selalu berusaha tidak mengganggu pengguna jalan, dengan cara tidak terlalu ngebut dan tidak terlalu perlahan. ketika memotong motor yang sedang di kendarakan oleh sepasang anak muda, gw sedikit ngebut. maklum malam itu adalah maalm minggu, jadi banyak muda mudi berpacaran. usai memotong motor itu, gw segera mempercepat laju vespa gw. di depan jalan ada polisi tidur yang melintang, gw segera mengurangi kecepatan vespa gw. ternyata polisi tidur itu tidak mudah gw lalui, vespa gw nyangkut. dengan sedikit memaksa, akhirnya vespa gw lepas dari jerat maut polisi tidur itu.

perjalanan kembali di mulai. tek-tek-tek-tek.. suara bising kembali mengganggu malam minggu sepanjang jalan. tidak lama berlalu, motor yang di kendarai muda mudi tadi menghampiri gw. si cewek memberitahukan gw, mas.. knalpot nya copot tuh, nyangkut dibelakang.. gw segera menghentikan laju vespa gw. ternyata benar, knalpot vespa gw tertinggal di polisi tidur..

waduh.. *&^%$#@ terpaksa gw kembali ke polisi tidur tadi dan mengambil knalpot vespa gw. setelah gw ambil, segera gw masukkan knalpot itu kedalam box yang ada di samping belakang vespa gw. perjalanan kembali di lanjutkan..

mengapa knalpot gw harus copot dan nyangkut dan tertinggal di polisi tidur.. *&^%$#@

Satu Tanggapan to “knalpot nya copot..”

  1. Itu plisi tdr-nxa doyan knalpot. Wkwkwk… Bro pnya sparepart lbh g?

Tinggalkan Balasan

