ujung dunia..

judul di atas memang terlalu berlebihan (hiperbola) ketika anda membaca isi tulisan ini. seorang kawan menyapa pagi gw yang udah agak siang, via YM dia sedang berada di luar daerah. di seberang pulau jawa tepatnya.

akhir – akhir ini kawan itu memang sering menyapa gw di YM. salah satu cara komunikasi yang murah dan simpel. daripada pake telp dan email atau jejaring sosial. menyapa kawan (chatting) via YM memang lebih mudah, juga murah.:mrgreen: enak nya chat via YM adalah orang yang di ajak chat bisa langsung menerima pesan yang kita kirimkan. dengan catatan kawan itu sedang online. kalau sedang malas chat, tapi tidak mau offline dapat menjadikan status YM di sembunyikan (invisible to everyone). kalau mau chat rame-rame bisa chat via YM chat room.

ketika kawan gw yang sedang berada di luar pulau jawa menyapa. gw jadi teringat dulu ketika sedang menyelesaikan tugas akhir kampus (magang). saat itu di tahun 2006, gw menyelesaikan tugas akhir untuk magang di sebuah perusahaan minyak di kalimantan. saat itu komunikasi belum seperti hari ini, YM memang sudah ada namun masih harus menggunakan PC. sedangkan hari ini, HP pun bisa di gunakan untuk YM.

kalo ingat saat itu, sungguh sangat tidak nyaman sekali. komunikasi sangat susah sekali. permasalahannya adalah gw dan kawan – kawan di tempatkan di area terpencil yang tidak terjangkau oleh sinyal HP. memang ada beberapa provider HP yang sudah terpasang. tapi untuk provider HP gw, tidak terpasang.

memang sih, kalau mau rajin mencari hotspot untuk sinyal HP bisa saja. tapi kadang lokasi nya jauh dari asrama dan restoran dan hanya pada jam tertentu. misalnya jam 4 atau jam 5 pagi di antara asrama dan restoran tepatnya di bawah pohon. gw pernah coba pada lokasi yang sama, pada jam makan siang. ternyata sinyal HP gw tidak bisa nyambung.๐Ÿ˜ฆ

terkadang sering juga gw meminjam pulsa HP kawan gw yang sinyal nya bagus. walau sering kali kawan itu ngamuk-ngamuk karena pulsa nya hampir tidak gw ganti๐Ÿ˜†. ya dengan sedikit merayu, akhirnya gw sukses meminjam HP kawan gw itu.๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

pulsa HP juga menjadi kendala, karena tidak ada yang menjualnya di area tersebut. jadi kalau sinyal HP sedang nyambung, tapi pulsa sedang sekarat. kami sering meminta orang rumah atau keluarga yang ada di jakarta untuk mengirimi kami pulsa:mrgreen:

sebenarnya permasalahan gw dan kawan – kawan tidak cuma masalah komunikasi. tapi ada masalah yang lebih gila lagi. apakah masalah itu? kebosanan. jam kerja 12 jam selama 2 minggu. kemudian di tambah tidak adanya hiburan di area kerja kami. itu adalah semua hal yang harus kami hadapi saat berada di kalimantan.

sebenarnya untuk hiburan tivi ada di area restoran dan area asrama karyawan. namun karena sejauh mata memandang hanya kilang minyak, pipa gas dan beberapa ilalang di lapangan kosong yang sangat luas membuat kami bosan. gw merasa sudah di ujung dunia, jauh dari peradaban.๐Ÿ˜ฆ

buat kawan gw di seberang pulau jawa, sabar ya bro. gw pernah merasakan apa yang lo rasakan. gunakan sebaik-baiknya YM yang ada untuk komunikasi.:mrgreen:. tapi ingat, jangan terlalu serius chat ntar kerjaan terlantar.

Tinggalkan Balasan

