apa warna mu?

genderang pemilu telah dimulai, kampanye terbuka juga sedang berjalan. puluhan bahkan ribuan atribut partai mewarnai kota, bahkan sampai desa yang tidak tertulis dalam peta pun juga terkena imbasnya. udah kayak lagu pelangi.. merah, kuning, hijau dilangit yang biru. pemasang mu gila, siapakah gerangan parpol – parpol ciptaan siapa..

atribut partai politik mewarnai seluruh kota, gw ingat dulu kala kampanye sebelum reformasi. kira-kira kampanye pemilihan Mbah Harto untuk terakhir kalinya, di tahun 1998. sebelum akhirnya Mbah Harto di gulingkan atau longsor keprabon. kala itu, di kota solo. setiap ada daerah basis massa salah satu parpol, maka daerah tersebut akan berwarna sama dengan warna parpol tersebut. misalnya daerah Lawean Solo, merupakan basis Golkar (dulu Golkar, belom menggunakan partai). maka semua pohon, tukang becak, sampai juga becaknya. semua berwarna kuning. jangan tanya trotoar atau separator jalan. semua juga berwarna kuning serupa dengan warna golkar.

hal serupa bisa ditemukan jika kita menuju kampung basis massa PDI. waktu itu, PDI pecah dua kubu. satu kubu Soerjadi (versi rakernas PDI Medan) dan PDI Megawati. hal yang menarik di kota solo, pada saat pemilu 1998. ada koalisi Mega Bintang, yaitu koalisi antara PDI Megawati yang sekarang menjadi PDI Perjuangan dengan PPP. koalisi itu hanya terjadi di kota solo, tidak dikota lainnya di indonesia.

bagaimana dengan parpol setelah reformasi. ketika keran demokrasi di buka selebar-lebarnya oleh Presiden Habibi. KPU menjadi punya kerja tambahan yang lumayan besar. tercatat 48 parpol terpilih seleksi untuk mengikuti pemilu ditahun 1999. termasuk juga sistem pemilu yang di amandemen oleh DPR. sehingga kini pemilu tidak memilih partai, tetapi memilih orang / calon yang akan duduk di kursi DPR juga Presiden.

pertanyaan sekarang, apa warna mu? beberapa partai besar memiliki warna yang menjadi ciri khas nya masing-masing. Partai Golkar tetap dengan warna kuning terang nya. Partai Demokrat, memilih warna biru, merah dan putih sebagai warna partainya. serupa dengan partai demokrat di negera om obama. Partai Amanat Nasional tetap dengar warna biru dan putihnya. PDI Perjuangan atau PDI Megawati, terus pede maju ke pemilu 2009 dengan warna merah menyala. sedangkan PPP parpol pemain lama, tetap dengan warna hijau kalem.

tapi mengapa ada parpol yang tidak punya warna, alias bunglon. sebagai contoh adalah Partai Keadilan Sejahtera, dalam kampanye nya. PKS mengatakan, ‘apakah PKS biru, kalau untuk indonesia yang lebih baik mengapa tidak. apakah PKS kuning, kalau untuk indonesia yang lebih baik kenapa tidak’. lucu sekali, hal ini akan membingungkan masyarakat, mungkin maksud dari PKS adalah PKS siap berkoalisi dengan parpol manapun untuk indonesia yang lebih baik.

sebaiknya usul gw, PKS tetap pada satu warna saja. politik memang dunia abu-abu (gray area). tapi masyarakat yang memilih parpol hanya tahu, hitam atau putih.

gunakan hak pilih anda jangan sampai salah pilih parpol, juga jangan tidak memilih. semoga bermanfaat:mrgreen:

Satu Tanggapan to “apa warna mu?”

  1. PKS memang fenomenal dan aku suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: