trip to bandung & utaba sagi

tahun baru kali ini berbeda dari dua tahun baru sebelumnya. kalau pada tahun baru 2007, gw sidang skripsi dan akhirnya lulus dari kampus hutan kota depok, tahun baru 2008 gw batal di relokasi ke sangatta dan kembali menambah jumlah pengangguran di indonesia.:mrgreen:

namun pada tahun baru 2009 ini, sungguh sangat berbeda dari dua tahun baru sebelumnya. karena di tahun baru 2009, ada banyak hal yang mungkin gak akan pernah gw lupakan.πŸ™‚

semua berawal dari ide untuk menghabiskan malam tahun baru. gw dan kawan-kawan sekolah celana abu-abu. berniat tuk kumpul-kumpul, karena udah lama kami terpisah dan jarang ada kabar berita nya. sebenarnya ide awalnya, kami akan menghabiskan malam terakhir di tahun 2008 di pulau pramuka. sebuah pulau di area kepulauan seribu, jakarta utara.

rencana nya tanggal 31 pagi jam 7 pagi kami bergerak dari dermaga di muara angke menuju pulau pramuka. namun sampai tanggal 30 sore, beberapa kawan, termasuk gw gak bisa untuk berangkat. semua karena kesibukan di kantor menjelang tahun baru. ternyata berita bersiar, ombak di pantai utara. sangat tinggi dan sangat tidak di rekomendasikan. bahkan sebuah kapal tongkang, terbalik dan awak kapalnya hilang di telan gelombang laut.😦

kami terus melakukan konsolidasi sebelum akhirnya memutuskan untuk tetap berangkat. namun arah tujuan kami, belokkan 180 derajat. bukan ke arah utara, namun ke arah selatan. bukan ke laut namun ke puncak. walau dalam hati, gw was-was kalau nanti di puncak pasti akan terjebak macet, dan akan di berlakukan sistem satu pintu. jujur gw sebenarnya malas, untuk bergerak meninggalkan rumah tercinta, dan harus berdesak-desakan bersama ribuan orang. cuma buat melihat kembang api atau mendengarkan suara cempreng terompet tahun baru. tapi karena acara ini sudah di rencanakan sejak lama, ya gw terpaksa ikut deh..

akhirnya tanggal 31 des, gw cabut dari kantor. segera dengan membawa carry ijo, menuju pos pertama. Cinere pedalaman. sebuah rumah kawan gw, yang letak nya jauuuh banget dari mal cinere. udara cinere pedalaman menyambut gw. segar, dan masih bersih sekali. tapi sayang, kayaknya rombongan presiden RI enggan berkunjung ke cinere pedalaman. akibatnya jalanan nya bolong-bolong. terpaksa deh, carry ijo gw loncat kiri loncat kanan buat menghindari kubangan kebo.

setelah berbasa-basi dengan ortu kawan orang cinere pedalaman. tujuan gw selanjutnya adalah rumah gus dur, ciganjur. salip kiri, salip kanan sampe perempatan depok dan pondok labu, gw menuju jalan brigif ciganjur. akhirnya carry ijo gw mendarat mulus di el shifa. ternyata mengemudi membuat perut gw lapar, mulai lah gw mencari toko roti. sambil menunggu kawan gw, gw pesen dua roti sobek dan air mineral.

gak terasa adzan dhuhur berkumandang, memanggil orang beriman kayak gw untuk sejenak menghentikan aktivitas. setelah sholat, kawan gw muncul. gak pake basa-basi, kami langsung berangkat ke sunter. pos selanjutnya sebelum menuju tempat menghabiskan malam tahun baru.

sebenarnya batas untuk kami berada di jakarta adalah jam 12 siang. tapi kenyataan yang terjadi jam 3 sore, kami masih ada di sunter.😦 kok bisa gitu ya? tanyakan pada roda si ijo yang berputar..

sumpe dah, gw gak nyangka. gw udah buru-buru, bahkan sampe lupa bawa jaket. ternyata berangkatnya telat-telat juga. sampe di sunter, perut gw tambah gak beres, kembung dan perih. segera aja, gw cari rumah makan si uda. buat ngisi perut yang kosong. ternyata di kasih umpan, roti sobek dan air mineral gak cukup ya..πŸ˜†

gobloknya gw, gw lupa liat-liat duit dikantong. setelah makan, gw mau bayar. astaghfirullah, duitnya kurang. recehan lima ratus perak, gw kumpulkan satu per satu buat bayar makan siang gw. ternyata masih kurang juga, terpaksa lah gw bilang ke abangnya kalo gw utang dulu.:mrgreen:

singkat cerita, kami sepakat menuju bandung. paris van java. walau gak tau mau ngapain disana. sebenarnya rencana awal lebih ‘gila’ lagi. ke puncak, terus buka tenda di pinggir jalan. bakar-bakar dan tanggal satu siang pulang ke jekate. di tengah jalan menuju bedege, seorang kawan menghubungi kawan yang berada di bedege dan mengabari kalau rombongan jekate mau tiba dan mohon di jamu. :mrgeen:

pukul enam sore, kami tiba di paris. dari tol cipularang, kami keluar di pintu tol bubat menuju kiara condong. pos selanjutnya di bedege. setelah sholat maghrib dan rehat, kami makan malam di WS dekat jalan riau. dua jam menjelang tahun baru, kami mencoba tuk bergerak ke arah dago view. tapi masyarakat bedege, punya tujuan yang sama. akhirnya kami bertepi di dekat gedung sate untuk menghabiskan malam itu.

pagi segera menjelang, dan tidak mau menunggu. jam 8 pagi kawan-kawan gw belom ada yang bangun dari tidur panjangnya. jam sepuluh pagi, semua baru terbangun dan segera sarapan. sebenarnya niat gw, gw mau pulang ke jekate. tapi beberapa kawan, tidak setuju dan mereka sepakat ke ciweday.

disini lah penderitaan itu dimulai, dari jalan soekarno hatta bedege, kami menuju kopo, terus banjaran dan akhirnya menuju ciweday. gw gak nyangka kalau perjalanan nya macet banget dan penuh tanjakan tinggi. jam 12 siang kami berangkat, jam 9 malam kami tiba di pemandian air panas. sebatas mengingatkan, niat kami ke ciweday adalah mandi pagi di pemandian air panas. tapi kenyataan nya kami mandi malam-malam.. buset deh..😦

tanggal dua pagi, orang rumah gw udah mulai bertanya-tanya. kapan gw pulang, terpaksa gw jawab gw pulang sore ini. dan tiba di jakarta juga pada waktu yang sama. sekali lagi kenyataan berkata lain. jam 4 sore kawan2 gw masih mau cari oleh-oleh buat orang yang mereka sayang di jekate. terpaksalah gw ke arah jalan riau buat mencari oleh2. ternyata bandung macet banget, terpaksa ke arah dago deh. di jalan dago, kawan-kawan gw menuju FO. apes nya karena gw supir, ya gw kebagian buat nyari parkiran😦 . karena semua parkiran pada penuh, dan gak bisa parkir pinggir jalan. terpaksalah gw muter-muter menuju RS boromeus buat cari parkiran.

ternyata si ijo udah minta maem, mulai lah gw muter-muter buat cari panganan buat si ijo. karena gw bukan orang bedege, mulai lah gw bertanya-tanya. akhirnya tiba juga gw di warung lokal buat panganan si ijo.

disambut dengan 4 S (senyum, sapa, salam dan sambit kalo minta nomor hape) nya mbak waitress. gw langsung pesen dua puluh piring buat si ijo. maklum makannya banyak banget..πŸ˜†

ijo kelar maem, gw mikir. daripada gw ke dago FO terus gw bengong, karena gak dapet parkiran. mendingan gw keliling aja kota bedege. tanya-tanya lagi ke orang di sekitar gw, niat nya menuju itebe. kampus bokap gw, yang tidak pernah bisa gw untuk menuntut ilmu didalamnya. hiks..hiks..😦

akhirnya sampe juga gw di itebe, awalnya salah jalan. dari sabuga, gw ambil jalan ke kiri (kembali ke dago), seharusnya gw ambil jalan ke kanan (ke itebe). kebiasaan gw kalo lagi cari jalan. udah tau salah jalan, gw gak mau muter balik. sampe kadang gak bisa puter balik, terpaksa gw jalan mundur deh..πŸ˜†

itu juga yang terjadi ketika gw mencari jalan ke itebe. gw nekat aja ambil jalan menuju dago, sampe di ujung jalan. gw puter balik, jalan jadi macet gara-gara gw puter balik. untuk gak ada pak baju coklat yang lagi jaga. kalo ada beliau, gw udah kena tilang deh..πŸ™‚

akhirnya gw bisa ke itebe. kampusnya nyaman, rindang, seger.. sesuai dengan slogan kota bedege, berhiber (bersih hijau berbunga). tukang kuda masih ada aja, inget dulu. kalo ke bedege, dari buah batu gw ke itebe cuma buat naik kuda ama bokap..

singkat cerita, kami balik kala mentari tlah letih menemani kami. gw sebagai supir yang rada tempramen, membawa si ijo menuju tol pasteur. kira-kira jam 6.45 gw udah masuk tol pasteur (padaleunyi) kira-kira setengah jam. gw udah masuk tol cipularang. setelah menukarkan tiket tol pasteur di pintu tol cipularang. the journey is begin. jujur ini pertama kali nya gw bawa boil di tol bedege menuju jekate.

ternyata di tol banyak rintangan yang gw hadapi. pertama dari kontur jalan tol cipularang yang kadang naik, terus turun. banyak jembatan yang beresiko di tiup angin gunung dari kiri kanan. belom lagi banyak truck gede yang lambat banget kayak siput, belom lagi mata silau kena lampu kendaraan lain, dan ngantuk..

akhirnya dengan speed tinggi, gw terpaksa memotong menggunakan bahu jalan. gw tau itu berbahaya, tapi daripada masuk jekate terlambat. mendingan nekat deh. sampai di karawang, gw masuk ke rest area. buat sholat dan istirahat. posisi gw terpaksa di gantikan oleh kawan gw, karena udah gak kuat lagi. ngantuk banget sumpeh deh..

jekate kami tiba, tepat jam sepuluh malem. buset lama banget ya? kelamaan di rest area sih. ijo langsung bertugas mengantarkan kawan-kawan gw menuju tujuan masing-masing. sunter, cakung, ciganjur. sunter dan cakung gak ada yang special. tapi ketika gw menuju ciganjur, jam udah menunjukkan 00.15. ini udah tengah malem nih, hati-hati ah..

sampe di daerah ciganjur, jam kira-kira udah jam 01.10. tiba-tiba mata gw melihat ada yang melintasi di jalanan. gw langsung berhenti. ada ular yang sedang melintas. kawan-kawan gw langsung protes,

ada apaan sih kok tiba-tiba berhenti?

udah tenang aja, ada yang mau gw tangkep…

ketika mereka dan gw keluar mobil. kawan-kawan gw, kaget banget. ketika gw mau menangkap ular.

“buat apaan sih uler gituan, udah pulang aja deh..” tanya kawan gw.

dengan kaki gemetar karena ketakutan, gw tetap tangkap ular itu. buat gw bawa pulang. “buat oleh-oleh orang rumah..” ujar gw.

sampe di rumah, jam udah bergerak menuju pukul 02.00. gw langsung menuju gudang dan mencari akuarium bekas. buat rumah baru si ular yang baru gw tangkap. awalnya gw gak kepikiran kasih nama ular yang besok pagi nya buat seisi rumah gw jadi gempar. terutama nyokap, yang lansung marah-marah.

tapi karena pertanyaan dari bidadari hati, gw kasih nama ular itu dengan nama…. UTABA SAGI. artinya adalah ular tahun baru sabtu pagi..πŸ˜†

2009 emang buat hidup gw lebih berwarna, bersama utaba sagi dan bidadari hati. gw akan sambut masa depan yang lebih cerah..πŸ™‚

Satu Tanggapan to “trip to bandung & utaba sagi”

  1. Om.. om… hehehehe..
    utaba sagi… umm.. cool name i taught.. πŸ˜›

Tinggalkan Balasan

