Jakarta, 10 Nopember 2008

Dengan seluruh angkasa raya memuji
Pahlawan negara
Nan gugur remaja diribaan bendera
Bela nusa bangsa

Kau kukenang wahai bunga putra bangsa
Harga jasa
Kau Cahya pelita
Bagi Indonesia merdeka
Karangan / Ciptaan : T. Prawit

lagu tadi adalah lagu ketika mengheningkan cipta dimulai. jujur gw baru tau tentang lagu itu, hari ini .:mrgreen: sebenarnya gw denger tentang lagu itu kemaren, dalam acara TV. si presenter menanyakan tentang hari Pahlawan 10 Nov. rata-rata orang yang ditanya, tidak mampu menjawab dengan benar. termasuk lagu mengheningkan cipta ini. bahkan ketika sang presenter menanyakan siapa saja pahlawan wanita dari Aceh, orang tersebut menjawab ‘cut tari’πŸ˜† busseet… itumah presenter salah satu acara TV swasta.

seumur-umur gw juga baru tahu, kalo mengheningkan cipta itu ada lagunya. dulu waktu SD, kalo disuruh mengheningkan cipta, gw biasanya suka bercanda-canda. kalo ketahuan Pak Guru, biasanya gw cuma pura-pura menudukkan kepala. gak jelas apa yang gw liat diatas lapangan upacara.

dulu kala ikut-ikutan demo didepan DPR, atau pada saat memperingati menginggalnya empat orang mahasiswa Trisakti. biasanya lagu yang mengiringi prosesi mengheningkan cipta nya adalah lagu ‘gugur bunga’. bukan lagu mengheningkan cipta diatas.πŸ˜†

ini adalah potret butut dari bangsa ini. bangsa yang telah melupakan jasa para pahlawannya. seharusnya lagu kebangsaan sering diperdengarkan di area publik. misalnya di kereta api, di bus kota, di pesawat terbang. atau di stasiun, di bandara, atau di terminal.

selama ini lagu kebangsaan hanya di perdengarkan di stadion sepak bola. lho, kok di stadion sepak bolaπŸ™„ itu juga ketika ada pertandingan sepak bola. seharusnya semua lagu kebangsaan di perdengarkan sesering mungkin. agar semua manusia yang di takdirkan hidup di bangsa ini, mengenal tentang bangsa nya.

sebaiknya kita mencontoh Thailand, menurut buku yang ditulis oleh Gola Gong. ketika beliau menonton bioskop negeri Gajah Putih itu, sebelum film di mulai ada foto diri Raja negeri tersebut. Semua rakyat yang sedang menonton, langsung memberikan penghormatan kepada Raja mereka.

sudah seharusnya, bangsa ini menghargai jasa para pahlawan. termasuk juga jasa para pahlawan tanda tanda jasa. sebaiknya hari pahlawan tidak diperingati setiap tanggal 10 Nov saja. tapi setiap hari harusnya diperingati sebagai hari pahlawan. semangat para pahlawan seharusnya mewarnai hidup kita sebagai generasi penerus.

jakarta, 10 November 2008, gw lagi menulis artikel tentang hari pahlawan dan tidak bekerja dengan baek..:mrgreen:

2 Tanggapan to “Jakarta, 10 Nopember 2008”

  1. 10 Nopember kan ultah aku oom……. “,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: