sumpah siapa? sumpah pemuda…

SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :

– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA

Kedua :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA

Ketiga :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Djakarta, 28 Oktober 1928

masih ingat dengan teks diatas? ya, itu adalah teks sumpah pemuda yang digagas pemuda Indonesia pada tahun 1928. untuk menyatukan semua pemuda nusantara yang saat itu masih terpecah-pecah.

delapan puluh tahun setelah sumpah pemuda di deklarasikan, bagaimana kondisi pemuda Indonesia saat ini? apakah pemuda indonesia 2008 seperti pemuda indonesia tahun 1928. 

menurut opini gw, pemuda indonesia saat ini di ambang kehancuran. akibat serangan ganas narkoba. narkoba yang gak mau tahu, apakah pengguna nya anak orang kaya, atau orang tak punya. atau bahkan anak di bawah umur.

jutaan pemuda negeri ini teler dan dapat dipastikan tidak punya masa depan yang jelas akibat narkoba. mengapa gw mengatakan tidak punya masa depan? karena efek narkoba dapat merusak sistem otak manusia. selain merusak sistem otak, narkoba juga dapat merusak prilaku dan kehidupan sosial penggunanya.

seorang pengguna narkoba, kalau punya uang gak masalah. tapi kalo gak ada uang? mereka akan mencari sejuta cara untuk mendapatkan barang haram tersebut. meminjam kepada teman sebaya, keluarga atau bahkan berbohong untuk mendapatkan pinjaman.

bagaimana jika mereka (pengguna narkoba) tidak mendapatkan pinjaman uang? mereka akan melego semua barang yang mereka punya. contohnya, menjual hape, tivi, laptop, komputer, dll.

kalo gak punya barang yang buat dijual? ya mereka bisa lebih nekat, seperti mencuri atau merampok. mengapa mereka bisa seperti itu? karena rasa sakit / rasa ingin menggunakan narkoba, atau istilah mereka nagih atau sakaw.

otak sudah rusak akibat narkoba, harta juga ludes terjual, hubungan sosial juga rusak akibat sering mengutang atau bahkan mencuri. belum lagi kalo, tertangkap oleh polisi, dan dianggap sebagai bandar. karena pengguna atau pun bandar, tetap sama jerat hukumnya. minimal kurungan penjara. kalau divonis hukuman mati?

sudah saatnya kita dukung rencana pemerintah untuk memerangi narkoba. dengan semangat sumpah pemuda, mari kita dukung perang terhadap narkoba untuk masa depan pemuda indonesia lebih cerah..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: