berebut shadaqah berujung maut

pagi ini gue di kejutkan dengan isi berita di media cetak, yang bercerita tentang meninggalnya 21 orang akibat berebut shodaqah yang diberikan oleh seorang dermawan di Jawa Timur.

Setahu gw, Ramadhan adalah bulan yang diturunkan oleh Allah SWT sebagai bulan rahmat. Namun mengapa bulan ramadhan di Jawa Timur menjadi yang membawa sengsara? Apakah ada yang salah dengan bulan diturunkannya Al Qur’an ini? Sehingga banyak jiwa yang harus berpisah dengan raganya?

Menurut berita yang tertulis dalam media cetak tersebut, kesalahan ada pada sang pemberi shadaqah. Kesalahannya adalah pertama dalam mendistribusikan shadaqahnya tidak melalui badan resmi (Bazis) dan tidak diakhir bulan Ramadhan (di malam takbiran). Kesalahan kedua adalah tidak berkoordinasi dengan RT atau RW setempat atau Lurah setempat dalam membagikan shodaqoh. Kesalahan ketiga yaitu tidak adanya aparat kepolisian yang terlibat dalam pengamanan acara pembagian shodaqoh, sehingga massa tidak dapat di kendalikan yang berakibat meninggalnya beberapa orang akibat berdesak-desakan dan terinjak-injak.

Sebenarnya jika sang empunya hajat (sang dermawan) mau mengikuti prosedur yang benar dalam membagikan infaq dan shodaqoh nya. Hal seperti ini tidak akan terjadi, jika pembagian melalui badan amil zakat infaq dan shodaqoh (bazis). karena Bazis akan mendata siapa-siapa saja yang layak mendapatkan hak nya.

Semoga kejadian ini tidak kembali terulang, sehingga tidak mengotori suci nya bulan ramadhan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: