bintang kecil

bintang kecil, dilangit yang tinggi
amat banyak, menghias angkasa
aku ingin, terbang dan menari
jauh tinggi ke tempat kau berada

ingatkan lagu tersebut, itu lagu yang biasa dinyanikan oleh orang tua (biasanya ibu-ibu) untuk menghibur anaknya. dulu waktu gw kecil, nyokap gw sering menyanyikan lagu tersebut buat gw. tapi masih terdengarkah lagu tersebut sekarang? di tahun 2008 ini..
***
gw cuma bisa bengong ketika seorang anak kira-kira usia 4 tahun menyanyikan lagu mulan jameela, dengan lancarnya. gw nggak nyangka, kalo tuch anak kecil bisa menyanyikan lagu yang tidak seharusnya dinyanyikan oleh anak seusianya. maaf buat para orang tua, kalo-kalo gw nggak setuju dengan lagu orang dewasa yang sering dinyanyikan oleh anak-anak. karena kadang ada ortu yang bangga kalo anaknya bisa nyanyi lagu orang dewasa yang lagi ngetrend.

gw sih bukan seorang psikolog anak, tapi menurut gw anak-anak tidak selayaknya menyanyikan apalagi menghapal lagu orang dewasa. sebaiknya anak-anak disupply lagu-lagu yang sesuai dengan dunia mereka. dunia anak-anak, dunia bermain, dunia senang-senang. bukan dunia cinta, dunia hati yang terluka.

tidak adanya atau langkanya lagu khusus anak-anak, menyebabkan anak-anak mencari alternatif untuk mengekspresikan dirinya. satu-satunya alternatif lagu yang sering mereka dengar adalah lagu orang dewasa tadi. sebenarnya di sekolah mereka (baca TK) lagu anak-anak tersebut sudah diajarkan, tapi gaungnya kalah dengan lagu-lagu yang biasa di putar di tivi atau radio di rumah mereka.

adalah peran ortu untuk mengajarkan lagu mana yang baik untuk anak-anaknya. jangan rusak dunia / imajinasi anak-anak dengan dunia orang dewasa melalui lagu-lagu orang dewasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: