indonesia pusaka

INDONESIA TANAH PUSAKA
Written by :Ismail Marzuki
Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap dipuja puja bangsa

Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

masih ingat lagu tersebut? jika pertanyaan tersebut ditanyakan kepada adik – adik kita yang sedang duduk di bangku sekolah dasar atau SLTP atau kepada tukang becak, tukang ojek apakah mereka tahu? pertanyaan ini lah yang mendasari pembuatan tulisan ini. jarang atau tidak adanya lagu kebangsaan yang di dengarkan menyebabkan generasi muda indonesia tidak mengenal bangsa nya.

syair yang terdapat dalam lagu tersebut begitu indah dan memiliki arti yang sangat mulia. Indonesia tanah air beta, pusaka abadi nan jaya.. ini menunjukkan rasa nasionalisme yang tinggi kala itu.

ide tulisan ini datang karena gw melihat rasa nasionalisme kita sudah hampir punah. berkali-kali kebudayaan asli indonesia di akui oleh negara tetangga, bahkan sampai-sampai pulau terluar indonesia dirampas.

mengapa semua ini terjadi? apakah indonesia sudah tidak memiliki kekuatan dalam daerah teritorialnya, sehingga tidak dihargai oleh negara lain. jika menengok ke belakang, di zaman orde baru indonesia sangat dihargai oleh negara tetangga baik di regional asean atau di regional dunia. semua karena pemerintahan zaman orde baru memiliki sistem yang dikenal sebagai “hankamrata”.   

bagaimana dengan orde reformasi, ternyata negeri tercinta semakin terpuruk ke dalam lobang kehinaan yang sangat dalam. seakan tidak punya semangat untuk bangkit, pemerintah pun tidak memiliki konsep yang jelas untuk mengangkat harga diri bangsa. di orde reformasi ini, semakin banyak rakyat yang menderita karena banyak kebijakan pemerintah yang tidak memihak kepada rakyat. contohnya adalah kebijakan pemerintah yang berniat menaikkan harga BBM, sekolah yang mahal, sekolah yang tidak terurus. hal ini jelas-jelas membunuh supir angkutan kota (angkot), tukang ojek, pedagang sayur dll. karena mereka merasakan langsung dampak dari kenaikan BBM tersebut. sedangkan untuk anak sekolah, bagaimana mereka dapat belajar dengan tenang, jika sekolahnya hampir roboh.

jangan harap rakyat kecil, anak sekolah memiliki rasa nasionalisme yang tinggi jika untuk kebutuhan sehari-hari saja mereka sudah sulit. karena yang terpenting untuk rakyat kecil dan anak sekolah adalah bagaimana hari esok. apakah mereka masih bisa hidup dan tetap bersekolah?

semoga rasa nasionalisme tetap ada di hati kita, hingga akhir masa..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: